Sekarang Masyarakat Bisa Pantau Jalan di Pekalongan Lewat Live Streaming



Melalui live streaming kini masyarakat Kota Pekalongan bisa memantau kepadatan arus lalu lintas di 34 titik ruas jalan Kota Pekalongan. Teknologi yang dimiliki oleh Dinas Perhubungan (Dinhub) Kota Pekalongan tersebut adalah Area Traffic Control System (ATCS) sebagai sistem  pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi di Kota Pekalongan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan. Sebanyak 34 titik ATCS dapat masyarakat pantau melalui Live Streaming LaLin di website http://atcskotapekalongan.com.

Melalui live streaming, masyarakat Kota Pekalongan dapat memantau kepadatan arus lalu lintas di Kota Pekalongan. Hal ini diungkapkan Sekretaris Dinhub Kota Pekalongan, Aprilyanto Dwi Purnomo SE MSi, Selasa (9/4/2019).



“Melalui ATCS, Dinhub Kota Pekalongan mengatur waktu sinyal di persimpangan secara responsif dan terkoordinasi. Dalam keadaan tertentu, memberikan waktu hijau pada kendaraan yang memiliki prioritas (Pemadam Kendaraan, Ambulance, VVIP, Konvoi, dan sebagainya,” ungkap April.

ATCS memberikan informasi kondisi lalu lintas dan alternatif lintasan serta menyediakan rekaman data lalu lintas, kejadian kecelakaan, dan kejadian lainnya di persimpangan.

 “Kamera sudah kami pasang di semua jalan, sehingga jika tejadi kemacetan dapat kita atur. Tentu ini juga harus disinergikan dengan daerah lain yakni Kabupaten Batang dan Kabupaten Pekalongan agar kemacetan di sana tidak berimbas di Kota Pekalongan,” ungkap April.

Koordinasi dengan daerah lain diperlukan terutama untuk Jalan Pantura, misal terjadi kemacetan di daerah Tirto, lalu lintas di Kota Pekalongan dapat dikondisikan. Masyarakat juga dapat memperoleh manfaat dari live streaming lalu lintas untuk mengetahui kondisi lalu lintas pada jam sibuk.

“Dengan adanya ATCS harapannya tercipta optimasi kinerja jaringan jalan, sistem lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, selamat dan berwawasan lingkungan,” tukas April. (uly/laila)

Comments

  1. wah sekarang kayaknya setiap perkotaan sudah pakai cctv ya....

    ReplyDelete
  2. numpang share ya min ^^
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di add ya pin bb kami D87604A1 di tunggu lo ^_^

    ReplyDelete

Post a Comment